Home » » Studi Hubungan Keanekaragaman Hayati dan Kehilangan Bahasa

Studi Hubungan Keanekaragaman Hayati dan Kehilangan Bahasa

Penurunan keanekaragaman linguistik dan budaya ini terkait dengan hilangnya keanekaragaman hayati, sebuah studi telah disarankan.Para penulis mengatakan bahwa 70% dari bahasa di dunia ditemukan di dalam hotspot keanekaragaman hayati planet.

Data menunjukkan bahwa daerah-daerah lingkungan yang penting adalah terdegradasi dari waktu ke waktu, budaya dan bahasa di daerah tersebut juga hilang.asil penelitian ini telah diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences (PNAS).

"Para ahli biologi memperkirakan kerugian tahunan spesies pada 1.000 kali atau lebih besar dari tingkat bersejarah, dan ahli bahasa memperkirakan bahwa 50-90% dari bahasa di dunia akan hilang pada akhir abad ini," tulis para peneliti.

Penulis Larry Gorenflo dari Penn State University, di Amerika Serikat, mengatakan penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi hubungan geografis antara keduanya, tetapi tidak menawarkan tingkat detail yang diperlukan.

Menurut Dr Gorenflo bahwa pembatasan terhadap data adalah bahwa baik bahasa-bahasa tersebut telah dicatatkan oleh negara atau ada sebuah titik di peta untuk mengindikasikan lokasi.

Akan tetapi apa yang tidak di ketahui adalah jika daerah tersebut diperpanjang dua kilometer atau 200 kilometer, sehingga benar-benar tidak mendapatkan rasa tingkat bahasa,". Dengan menggunakan data bahasa ditingkatkan untuk benar-benar mendapatkan rasa yang lebih solid tentang bagaimana bahasa dan keanekaragaman hayati co-terjadi dan pemahaman tentang bagaimana secara geografis yang luas bahasa itu.Penelitian ini dicapai dengan juga melihat area yang lebih kecil dengan keanekaragaman hayati tinggi, seperti taman nasional atau habitat yang dilindungi lainnya, maka didapatkan rasa co-kejadian di skala regional, yang punya arti bahwa co-kejadian ditemukan pada skala yang jauh lebih baik.Dalam banyak kasus hal itu mungkin bahwa keanekaragaman hayati berkembang sebagai bagian-paket dan-keragaman budaya, Hal ini masih diragukan."

Dalam tulisan mereka, para peneliti menunjukkan bahwa, dari 6.900 atau lebih bahasa yang dipakai di Bumi, lebih dari 4.800 terjadi di daerah yang mengandung keanekaragaman hayati yang tinggi.Dr Gorenflo dijelaskan lokasi tersebut sebagai "lanskap yang sangat penting" yang "mendapatkan lebih sedikit dan lebih sedikit" tetapi menambahkan bahwa data studi tersebut dapat membantu memberikan keamanan jangka panjang.

Ini menyediakan kesempatan bagus untuk mengintegrasikan upaya konservasi - Anda dapat memiliki orang yang dapat menerima dana untuk konservasi biologi, dan mereka dapat berkolaborasi dengan orang yang dapat menerima dana untuk konservasi bahasa atau budaya," usulnya.

Itu telah benar-benar berubah secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Satu hal yang banyak ahli biologi dan ekologi sekarang melihat adalah bahwa orang merupakan bagian dari ekosistem ini.

Translate

Popular

Arsip