Home » » 10 Cara Orang Tua Menyikapi Penyalahgunaan Narkoba Pada Anak

10 Cara Orang Tua Menyikapi Penyalahgunaan Narkoba Pada Anak


Badan Narkotika Nasional (BNN) pada tahun 2006 menerangkan bahwa angka penyalahgunaan narkoba pada remaja di Indonesia mencapai 3,2 juta orang dan 32% dari pengguna narkoba adalah pelajar dan mahasiswa. Keadaan tersebut sangat memprihatinkan kita semua, program dukungan pemerintah, pendidikan masyarakat untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba harus lebih digiatkan dan mempunyai metode terpadu.
Masyarakat sudah harus lebih mengerti dan mempunyai pengetahuan yang luas tentang penyalahgunaan narkoba, sudah saatnya bagi masyarakat mempersiapkan generasi yang tangguh, berkepribadian dan bebas dari penyalahgunaan narkoba.
Sikap orang tua mempengaruhi konsep diri anak yang terlahir jangan beranggapan seolah-olah anak sebagai miniatur manusia, tetapi mereka adalah seutuhnya manusia yang dalam penciptaannya banyak kemanfaatan dan bukan penciptaan yang main-main.
Dalam menghadapi penyalahgunaan narkoba perlu membekali diri sebaik mungkin tentang pengetahuan dan jenis-jenis narkoba, sehngga tidak salah dalam menyikapi penyalahgunaan narkoba pada anak. Berikut adalah tindakan atau sikap yang harus dilakukan orang tua ketika mendapati anak melakukan penyalahgunaan narkoba ;

  1. Tetap berusaha tenang ; kendalikan emosi, marah, tersinggung, dan merasa bersalah karena tidak ada gunanya.
  2. Jangan menunda masalah ; hadapi kenyataan, adakan dialog, kemukakan apa yang anda ketahui tanpa sikap menuduh dan jangan dilakukan saat anak masih dalam pengaruh narkoba.
  3. Dengar anak ; berdialog dengan anak bisa menjadi kunci pemecahan masalah. Beri dorongan non verbal kepadanya (tetap ramah, tersenyum, mengangguk, dan memegang bahu). Jangan memberi nasehat atau ceramah, mencaci maki, menghina menghajar atau tindakan kekerasan yang lain.
  4. Jika anak mau mengakui maka hargailah kejujurannya. Dan harus bersyukur karena bisa menciptakan keterbukaan.
  5. Jujur Terhadap diri sendiri ; beri contoh sikap jujur dan terbuka, mau mengakui kelemahan dan kesalahan sendiri, tidak membela diri atau merasa diri benar, saling meminta maaf dan saling memaafkan.
  6. Perlu meminta bantuan orang lain ; jika sulit mengendalikan diri (emosi) mintalah bantuan orang lain yang dapat mendekatinya.
  7. Mencari pertolongan ; cari pertolongan tenaga professional/orang yang terlatih menangani penyalah gunaan narkoba. Konsultasi dengan ahli.
  8. Tingkatkan hubungan dalam keluarga ; teliti hubungan anda dalam keluarga, selesaikan konflik pribadi, rencanakan rekreasi dengan anak.
  9. Bangun kehdupan berdisiplin ; hiduplah secara tertib dan teratur, jauhkan anak dari lingkungan rawan narkoba.
  10. Saling membantu ; kunjungi orang tua teman anak anda yang menggunakan narkoba pada waktu yang tepat, ajaklah bekerja sama dalam masalah itu.
Beberapa cara diatas hanya sebagian kecil dari usaha untuk menghadapi bahaya penyalah gunaan narkoba semoga bisa membantu. Masih banyak cara lainnya untuk menghadapi situasi ini dan salah satunya adalah dengan cara lebih mendekatkan diri kepada yang Maha kuasa dan menguatkan keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa. Selagi dapat dicegah jangan sampai terjadi penyalah gunaan narkoba dilingkungan keluarga berlakulah lebih bijak terhadap anggota keluarga dari yang terbesar sampai anggota keluarga yang paling kecil. Say No To Drug Forever

Translate

Popular

Arsip