Home » » Mencegah pengaruh narkoba pada keluarga

Mencegah pengaruh narkoba pada keluarga

Pencegahan adalah suatu tindakan atau kegiatan yang dilakukan untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diharapkan (antisipatif). Pencegahan memungkinkan seseorang untuk dapat mempertahankan diri dari pengaruh yang datangnya dari  luar atau mengurangi resiko terjaadinya sesuatu yang membahayakan diri atau orang lain.

 Pencegahan penyalahgunaan narkoba adalah  segala upaya dan tindakan untuk menghindarkan orang memulai penggunaan narkoba; dengan menjalankan cara hidup sehat serta mengubah kondisi lingkungan yang memungkinkan seseorang terjangkit penyalahgunaan narkoba.

Pencegahan meliputi :

  1. Peningkatan kesehatan dan budaya hidup sehat baik fisik maupun mental yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaan.
  2. Pendewasaan kepribadian.
  3. Peningkatan kemampuan mengatasi masalah.
  4. Peningkatan harga diri dan percaya diri.
  5. Peningkatan hubungan intrapersonal dan interpersonal serta kemampuan social.
  6. memperkuat sektor-sektor lingkungan misalnya keluarga, sekolah, masyarakat yang mendukung peningkatan kesehatan dan pengembangan kepribadian generasi muda.

Tujuan pencegahan bahaya narkoba meliputi :
a.       Membantu seseorang untuk :
  1. meningkatkan pengetahuan seseorang dalam menghadapi kesulitan atau permasalahan.
  2. Meningkatkan kemampuan mengambil keputusan.
  3. Peningkatan harga diri dan percaya diri.
  4. Meningkatkan budaya hidup sehat.
  5. Meningkatkan kemampuan sosial.
  6. Meningkatkan kemampuan untuk menghadapi atau menolak tekanan dalam penyalahgunaan narkoba.

b.      Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat dan lingkungan dan keluarga tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan pencegahannya.
c.       Meningkatkan peran serta masyarakat dan keluarga dalam penanggulangan dan pencegahan masalah narkoba.

Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah bahkan seharusnya dicegah, karena mencegah  akan lebih baik dari pada mengobati. Disinilah peran orang tua atau keluarga yang sangat pentng dalam pencegahan. Tidak mungkin melakukan pencegahan bila tidak mengetahui apa yang harus dicegahnya. Untuk itu carilah kesempatan untuk membaca, mendengarkan , diskusi dan pembahasan masalah narkoba dimedia apapun yang disediakan atau diadakan. Ikuti perkembangan masalah itu dari waktu kewaktu dan disetiap ada kesempatan. Karena masalah narkoba berkembang mengikuti kecenderungan peredaran dan penyalahgunaanya didunia.

Jika telah mendapatkan bahan-bahan atau pengetahuan tentang bahaya narkoba, bagikan kepada pasangan terlebih dahulu atau keluarga, agar menjadi suatu kesepakatan mengenai masalah itu. Mulailah dari lingkungan terkecil agar lebih mudah mencari jalan keluar dalam penanggulangan dan pencegahan bahaya Narkoba. Peredaran dan perkembangan bahaya narkoba memang sudah semakin dinamis. Pola dan motif yang dgunakan dalam peredaran dan penyalahgunaan semakin tertata, sedangkan pengetahuan masyarakat tentang bahaya dan cara pencegahan peredaran narkoba masih sangat sedikit. Jadi jangan anggap  sepele  masalah ini.  (sumber BNN)

Translate

Popular

Arsip