Beberapa kawan yang bertanya: apakah tahun 2011 bisnis online akan tetap mampu memberi kontribusi sebagai penghasilan utama? Apakah bisnis jualan ebook akan mencapai titik kulminasi terendah sehingga tidak ada satu orang pun yang mau memberi ebook? Lalu, jenis produk atau jasa apa yang akan laris manis di tahun ini? Serta beberapa pertanyaan kritis lainnya.
Saya menilai rasa penasaran tersebut sebagai hal yang wajar-wajar saja. Mengingat saat ini makin menjamur bisnis online yang menjual ebook. Namun kita harus tetap optimis, disamping makin melimpahnya produk informasi ternyata juga diikuti perkembangan teknologi yang membantu manusia membaca ebook secara mudah. Misalnya iPhone, eReader dan lain-lain.
Karena serbuan produk informasi yang demikian melimpah, maka satu kata kunci untuk memenangkan persaingan: memberikan nilai tambah (value added) pada produk tersebut. Bagaimana caranya? Yaitu menjadi seorang master atau ahli di bidang yang kita geluti. Boleh saja kompetitor baru bermunculan dan mencoba merangsek wilayah Anda, namun hal tersebut tidak akan memberi dampak berarti jika Anda selalu melakukan upgrade kemampuan sesuai bidang yang ditekuni.
Menjadi fokus memang tidak mudah. Seorang multitalenta seringkali tergoda bermain-main di luar kemampuan yang dia kuasai. Jika itu yang terjadi, maka segera putuskan bidang apa yang akan ditekuni. Kemampuan tambahan yang dimiliki bisa diarahkan untuk mendukung satu bidang utama.
Saya yakin bidang jasa atau produk apapun memiliki peluang sukses di tahun ini. Oleh karena itu apapun spesialiasi yang Anda pilih, hal itu sangat layak untuk diperjuangkan sampai tahap master. Semakin ahli di satu bidang, semakin mudah Anda menumbuhkan kepercayaan di mata prospek. Bagaimana menurut Anda?
Saya menilai rasa penasaran tersebut sebagai hal yang wajar-wajar saja. Mengingat saat ini makin menjamur bisnis online yang menjual ebook. Namun kita harus tetap optimis, disamping makin melimpahnya produk informasi ternyata juga diikuti perkembangan teknologi yang membantu manusia membaca ebook secara mudah. Misalnya iPhone, eReader dan lain-lain.
Karena serbuan produk informasi yang demikian melimpah, maka satu kata kunci untuk memenangkan persaingan: memberikan nilai tambah (value added) pada produk tersebut. Bagaimana caranya? Yaitu menjadi seorang master atau ahli di bidang yang kita geluti. Boleh saja kompetitor baru bermunculan dan mencoba merangsek wilayah Anda, namun hal tersebut tidak akan memberi dampak berarti jika Anda selalu melakukan upgrade kemampuan sesuai bidang yang ditekuni.
Menjadi fokus memang tidak mudah. Seorang multitalenta seringkali tergoda bermain-main di luar kemampuan yang dia kuasai. Jika itu yang terjadi, maka segera putuskan bidang apa yang akan ditekuni. Kemampuan tambahan yang dimiliki bisa diarahkan untuk mendukung satu bidang utama.
Saya yakin bidang jasa atau produk apapun memiliki peluang sukses di tahun ini. Oleh karena itu apapun spesialiasi yang Anda pilih, hal itu sangat layak untuk diperjuangkan sampai tahap master. Semakin ahli di satu bidang, semakin mudah Anda menumbuhkan kepercayaan di mata prospek. Bagaimana menurut Anda?